PCE10-02_30210136_jurnalPraksiskom3_Alat Input-Output Pada Komputer

Input Device adalah bagian PC (personal computer) yang bertugas memberikan masukan perintah untuk diolah bagian CPU. Perangkat utamanya adalah Keyboard, namun seiring perkembangan dalam bidang teknologi komputer serta semakin bervariasi tingkat kebutuhan manusia pada PC membuat dikembangkannya berbagai jenis input device lainnya:

1. Keyboard
Merupakan input device primer pada PC. bentuk fisiknya berupa sebuah papan ketik dengan tombol abjad dan tombol numerik lengkap serta tambahan beberapa tombol. Awal mula keyboard berkaitan dengan mesin ketik manual yang di temukan oleh Christopher Latham Sholes pada 1868, untuk komputer keyboard pertama kali digunakan pada tahun 1964. Sebuah perangkat yang dibuat oleh MIT, Bell Laboratories, dan General Electric yang disebut Mulitics berhasil menggabungkan video display terminal (monitor CRT saat ini-Red) dengan mesin ketik elektrik.

2. Mouse
Mouse pertama ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963.Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbard. Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Mouse termasuk dalam kategori input pointing device atau alat penunjuk. Peripheral ini mulai dikenal luas sejak kemunculan sistem operasi windows. Tugasnya adalah menggerakan penunjuk pada layar yang biasanya berupa simbol panah (arrow). Sangat berguna untuk menjelajahi lingkungan windows secara cepat juga mempermudah penggunaan aplikasi graphis. Penggerak pada layar dilakukan dengan menggerakan badan mouse ke segala arah, arah yang terjadi dideteksi oleh suatu sensor khusus yang terletak di bawahnya. Ada 2 jenis sensor yang digunakan, yaitu sensor cahaya atau yang lazim disebut optical mouse dan menggunakan trackball, yaitu bulatan seperti kelereng yang dapat berputar kesegala arah dibagian bawahnya. Mouse mempunyai dua bagian, pertama yaitu bagian yang dipegang seperti tikus dan kedua bagian software yang berfungsi untuk memberi tahu DOS dan semua aplikasi bahwa kita sedang menggunakan mouse. Mouse dihubungkan melalui Serial Port atau mouse port khusus.

3.Trackball.
Sama seperti mouse namun pergerakannya dilakukan dengan bantuan bola besar yang terletak dibagian atas sehingga badan peripheral ini tetap diam ditempat. Penggunaan track ball ini paling banyak dijumpai pada perangkat laptop/notebook jaman dulu atau yang model terbaru juga ada. Dengan kata lain bahwa track ball ini digunakan sebagai mouse laptop.

4.Tablet
Juga sama seperti mouse namun bentuknya menyerupai pinsil pena. Peripheral ini umum digunakan oleh para pengguna aplikasi desktop publishing/aplikasi grafis karena tablet dapat mengukur kekuatan tekanan, maksudnya adalah jika ditekan dengan keras maka hasil yang tampak dilayar akan lebih tebal, begitu juga sebaliknya jika ditekan dengan halus maka hasil yang tampak dilayar juga akan tipis.

5.Joystik
Adalah alat bantu untuk bermain game pada PC. Joystick berupa tongkat panjang dengan tombol-tombol bantu disekelilingnya sedangkan gamepad berupa sebuah alat dengan deretan tombol di atasnya. Penggunaan joystick/gamepad ini lebih memudahkan para maniak game untuk melakukan aksinya sesuka hati, dibanding dengak menggunakan tombol-tombol keyboard atau mouse.

6.Scanner
Peripheral yang bekerja seperti halnya mesin fotokopi, hanya saja outputnya tidak dicetak langsung pada kertas melainkan disimpan terlebih dahulu pada memori ataupun hardisk. Ada 2 jenis scanner yang umum digunakan, yaitu flatbed scanner dan handly scanner. Flatbed scanner memiliki bentuk seperti mesin fotocopy kecil sedangkan handy scanner berbentuk seperti mouse dengan ukuran agak besar.

7.Camera
Merupakan sebuah kamera foto biasa seperti lazimnya kita kenal, hanya saja foto hasil bidikan tidak disimpan dalam gulungan film negatif melainkan disimpan dalam sebuah memori internal untuk selanjutnya ditransfer ke dalam PC.

Alat Output:

Kita pasti menginginkan monitor bisa menampilkan gambar berwarna, bukan Cuma hitam putih. Untuk itu, case membutuhkan alat tambahan, yaitu kartu video (video card). Kartu video atau video card berfungsi untuk mengubah informasi output dari prosesor menjadi bentuk sinyal yang terkirim melalui kabel ke monitor. Kartu video kita dipasang disalah satu slot ekspansi motherboard. Pada saat membeli motherboard biasanya telah terpasang kartu video (built-in) jika menginginkan kualitas video yang lebih bagus maka dapat menambah kartu video.

Kartu Suara (sound Card) berfungsi untuk meningkatkan kapabilitas komputer dalam hal suara dengan cara mengirimnya ke speaker sebagai output. Kartu suara ini terpasang di slot ekspansi motherboard. Dengan CD drive terhubung ke kartu, kita pun dapat mendengarkan musik dari CD.

Monitor adalah alat yang mampu mengambil sinyal elektrik dari video card dan mengubahnya dalam bentuk gambar dengan menggunakan titik-titik dari cahaya berwarna yang tampil dilayar. Selanjutnya, setelah case ditutup, monitor dapat dihubungkan dengan kabel ke komputer bagian belakang bmelalui konektor khusus yang sangat mudah dikenali. Kabel listrik untuk monitor dapat dipasang pada stopkontak terpisah.

Speaker adalah alat untuk mendengarkan suara dari sinyal elektrik yang dikirim oleh kartu suara. Tidak perlu membeli speaker yang wah, kecuali kita menggeluti bidang rekaman yang membutuhkan kualitas suara yang sangat bagus. Dua speaker dihubungkan dengan sebuah kabel yang dipasang di komputer bagian belakang setelah instalasinya selesai dilakukan.

Printer adalah sebuah alat yang bisa mencetak teks dan gambar pada kertas. Printer mempunyai dua sambungan. Pertama, dipasang di komputer bagian belakang dan berfungsi untuk menerima sinyal dari komputer. Sambungan ini terhubung pula ke motherboard.kedua kabel listrikyang dipasang pada stopkontak yang terpisah.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS